Jumat, 24 Mei 2013

PROPOSAL MINI KONSEP GURU IDEAL (Tela’ah Buku “Indonesia Mengajar Jilid II – Kisah Para Penyala Harapan Bangsa Mengajar di Pelosok Tanah Air” karya Pengajar Muda Angkatan II)


 
I.                   Latar Belakang Masalah

Dalam kehidupan ini sangatlah penting yang namanya pendidikan bagi setiap orang untuk bekal masa depannya karena “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi perananya di masa yang akan datang (UUSPN Nomor 2 Bab I Pasal 1)[1]”.  
“Pembelajaran diartikan sebagai suatu kegiatan pengajaran yang mengondisikan seseorang belajar[2]”. Maksudnya ada yang mengondisikan seseorang belajar yaitu pendidik atau guru dengan bertujuan agar peserta didik dapat belajar optimal melalui berbagai kegiatan edukatif.
Guru merupakan factor yang sangat dominan dan penting dalam pendidikan formal pada umumnya karena bagi peserta didik guru sering dijadikan tokoh teladan, bahkan tokoh identifikasi diri[3]. Posisi guru di mata peserta didik sangatlah istimewa karena guru bagi mereka sesuai dengan namanya harus di gugu dan ditiru. Peserta didik mengharapkan guru yang ideal yang bisa mereka teladani dan menirukan setiap perkataan, perbuatan serta lainnya yang berkaitan dengan guru. Seperti yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantoro dalam sistem Amongnya yaitu guru harus :
Ing ngarso sungtulodo
Ing madyo mangun karso
Tut wuri handayani
Artinya guru harus menjadi contoh dan teladan, membangkitkan motif belajar siswa serta member motivasi dari belakang[4].
Dari kerangka pemikiran inilah tercetus maksud bahwa sangatlah penting seorang guru yang ideal bagi para peserta didik untuk membimbing, mengajar dan melatih mereka mempersiapkan bekal guna masa depannya. kehadiran kisah inspiratif yang dapat menggugah jiwa dalam Indonesia Mengajar Jilid II karya para pengajar muda angkatan II dapat dijadikan bahan konsep guru ideal menurut pengalaman para pengajar muda angkatan II mengajar di berbagai pelosok tanah air Indonesia.

II.                Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diambil menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : “Bagaimana konsep guru ideal dalam buku Indonesia Mengajar Jilid II ?”.

III.             Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  konsep guru ideal dalam buku Indonesia Mengajar Jilid II karya Pengajar Muda Angkatan II.



IV.             Metodologi Penelitian
Adapun metodologi penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library research ), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakuakan dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Data yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah data kualitatif, Dan Obyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah konsep guru ideal dalam buku Indonesia Mengajar Jilid II karya Pengajar Muda Angkatan II (Yogyakarta, Bentang, 2012).



[1] Ibid., Hlm. 3.29.
[2] Din Wahyudin, Supriadi & Ishak Abduhak, “Pengantar Pendidikan”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2006. Hlm. 3.30.
[3] Djam’an satori, dkk., “Profesi Keguruan”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2007. Hlm. 2.1.

[4] Djam’an satori, dkk., “Profesi Keguruan”, Universitas Terbuka, Jakarta, 2007. Hlm. 2.5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar