Sabtu, 10 Mei 2014

Meresensi Buku “Filsafat Pendidikan Islami” Karya Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, M. Ag.

Nama Mahasiswa    : Indra Nurul Hayat
NIM                            : 14136310023
Mata Kuliah             : Filsafat Pendidikan Islami
Program Studi         : Pendidikan Agama Islam
Semester                    : II (dua)
Dosen Pengampu    : Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, M. Ag.
Tugas                         : Meresensi Buku “Filsafat Pendidikan Islami”
                                      Karya Prof. Dr. H. Jamali Sahrodi, M. Ag.

Buku merupakan gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya, buku ini termasuk salah satu dari “gudang” tersebut karena sebuah karya sumbangsih yang sangat besar bagi kaum pelajar khususnya tingkatan mahasiswa yang mungkin masih awam tentang filsafat pendidikan Islam.
Dalam menyusunan buku ini, penulis mengawalinya dengan menjelaskan mengenai Definisi Filsafat, Sejarah filsafat, Filsafat sebagai Teori atau Disiplin Ilmu, Filsafat Sebagai Cara Berpikir Kritis sampai Fungsi Filsafat yang terdapat didalam BAB I. Dari penjelasan yang ada di dalam BAB I ini mencerminkan pemahaman penulis yang dalam tentang filsafat.
Melalui buku ini, Prof. Dr. Jamali Sahrodi, M.Ag menuangkan pemikirannya dengan berusaha mengangkat problematika yang ada di dalam pendidikan Islam. Sehingga ciri dan karakteristik berfikir secara filosofis dengan menggunakan akal fikiran sebagai alat utamanya untuk menemukan hakikat (ontologi), proses yang sistematis (epistemologi) dan nilai guna (aksiologi) segala sesuatu berhubungan dengan ilmu.
Bukan resensi namanya jika tidak ada Kritik dan saran, tentang penulisan sebuah buku biasanya pasti diawali dengan BAB I yang berisikan diantara salah satunya Pendahuluan. Namun dalam buku yang bapak tulis BAB Pendahuluan ditulis pada BAB II karena itu lebih baik menurut hemat saya persoalan tentang Pendahuluan lebih standarnya dan agar lebih dapat dimengerti seperti buku-buku yang lainnya diletakan di awal pembahasan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar