Selasa, 08 November 2011

AKU KETAHUAN…..!

Kukuruyuk……..! kukuruyuk…………….! Kukuruyuk………………!

Suara ayam terdengar begitu dekatnya, membangunkan tubuh yang kedinginan berkulitkan selimut tebal. Suara adzan menyusul dari masjid terdekat dengan begitu syahdunya.

“Aduh……! Berisik banget sich….! Lagi-lagi adzan ganggu mimpiku, matahari aja belum nongol”. Keluhan seorang remaja SMA yang terbangun dari mimpinya, kemudian tidur kembali.

Remaja yang bernama lengkap ANDRA SYAHRUDIN ini biasa di panggil oleh teman-temannya dengan Ndra. Namanya sejak lahir atas pemberian dari kakeknya.

“Ndra…, bangun…! Bangun Andra”. Terdengar suara yang besar memasuki kamar tidur si Andra dengan membawa segayung air ditangan kanannya. suara ini ialah kepunyaan orang tua Andra.

“Ya, Andra bangun Ma,”Andra bangun dengan tergesa-gesa karena takut akan diguyur dengan segayung air yang ada di tangan Mamanya. “Nah, ghitukan enak Bangunnya…,jangan sampai kasur basah lagi”. Mama menyindir Andra sebab di kemarin hari Andra beserta kasur yang di pakainya sampai basah semua.

Andra beranjak ke kamar mandi, kemudian dari kamar mandi bergegas memakai seragam sekolah,lalu menuju meja makan untuk sarapan pagi, di meja makan sudah menunggu kedua orang tua Andra yang terlebih dahulu bangun, Andra biasa memanggil kedua orang tuanya dengan Ayah & Mama, walupun itu tidak lazimnya.

# # #

“Ingat Andra, Kamu di sekolah jangan hanya main-main aja, Ayah lihat belakangan ini, nilai kamu merosot jauh dari sebelumnya, waktu kelas X & XI Kamu bisa menjuarai kelas, tapi kenapa sekarang tidak ? jangan sampai Kamu malu-maluin Ayah Dan Mama Kamu”.”Benar Andra, Ingat apa kata Ayahmu, sebentar lagi Kamu mau UN, jangan di sia-siakan waktu belajar, terus jangan ikut-ikutan sama teman-teman,ya.. ! kalau teman kamu ada yang pacaran, ngerokok, jangan sampai terjerumus”, nasihat kedua orang tua Andra setelah sarapan.”tapi kalo punya pacar gak pa-pakan Ma???” Andra menyahut dengan pelan”,” Gak boleh Andra, paham gak ??? ”jawab Ayah Andra,” Iya Ma, Yah…! Andra berangkat dulu,” “Uang jajannya udah belum…?” sahut Mama.” Udah Ma…! Andra berangkat”.”Ati-ati di jalan, jangan ngebut”. “iya Ma…!”

# # #

Matahari malu-malu mulai beranjak dari kediamannya, tidak terlalu jauh dari puncak ketinggian gedung menyinari permukaan bumi, juga makhluk hidup di atas bumi tak luput juga dari pancaran sinar matahari terutama Andra yang berkendaraan roda dua mulai merasakan hangatnya pagi, dengan berkendaraan Motor menempuh jarak + 100 km dari rumahnya, barulah sampai di Sma 62.

“Huh…, kenapa Ayah selalu melarangku, melarang inilah.. itulah.., semua dilarang, soal pacaran lagi…? Gak usah di pikirin, Ayahkan gak tahu kalau Andra pacaran, bolehlah bohong sedikit”. Andra berbicara dengan hatinya sendiri, dan mulai mempercepat laju kendaraannya agar cepat sampai di sekolahnya.

Sesampainya di Sma 62, setelah melewati pintu gerbang sekolah yang di jaga oleh seorang satpam berseragam putih, Andrapun memarkirkan Motornya,tiba-tiba…” Andra…!” panggilan dari seseorang yang dikenal oleh Andra.” Da pa jod..?”sahutan dari Andra.” Kamu da rencana gak,pulang sekolah ?” “kayaknya gak da, emang da pa?” ”gak., Cuma… saya ma ludy mau da rencana nich….!, Kamu mau ikut pa gak?” “ pa dulu rencananya? jangan buat penasaran donk..!” “ghini jelasnya, Kamu mau gak pulang sekolah,Kita ke kota,Gragelah…,nonton bioskop gituu..!”, “ya..,maulah kalo itu sich,” “tapi, da tapinya…?, harus bawa cewek masing-masing, di rayu sampai mau,gimana…???”, “ ehhh.., siap kalo githu sich,” “yang bener nich..??” ” benerlah, masak Boonk…! Pulang sekolah yach…!” beberapa detik kemudian….

“Tingg togggg…, tinggg..,tonggggg..,”

Bel masukpun berbunyi, Andra dan Jody berlari dari tempat parkir menuju kelas mereka masing-masing, Andra memasuki kelas yang diatasnya bertuliskan XII Language yaitu kelas Jurusan Bahasa, dan temannya si Jody memasuki kelas yang diatasnya bertulisan XII Sosial tepatnya kelas Ips.

# # #

Di dalam kelas, Andra dan teman-temannya masih sempatnya mengobrol dan bergurau sebab belum ada seorang gurupun yang memasuki kelas Bahasa itu. Tiba-tiba ada yang masuk ke dalam kelas,Andra dan murid yang lainnya tergesa-gesa mencari tempat duduk masing-masing. “Selamat pagi Anak-anak…!”Sahut guru yang masuk, “Pagi pak..!” jawab Andra dan yang lainnya dengan serentak setelah duduk di tempat masing-masing. ”ini kelas Ipa ya…?” “Bukan pak…!, ini kelas Bahasa” jawab Andra,” oh..,Bapak salah masuk kelas, maaf ya…!” “Huh…….!”teriakan para murid. dengan muka malu Bapak keluar dari ruangan kelas dan Andra mulai bangun lagi dari kursinya, Tiba-tiba saja ada yang masuk kembali “ Hai.., Andra duduk…!” kata seorang satpam sekolah yang mengontrol di setiap kelas. “Gurunya mana kelas ini?” “ Belum Datang Pak..!” “pelajaran pa ?” “Sastra Pak..!” “udah disusul belum?” “uudah,” Kata Andra,walau berbohong, sebenarnya belum disusul. “da tugas ga ?” “ada, disuruh ngerjain Lks( Lembar kerja siswa) dulu” jawab Murid lainnya. “ ya udah, jangan ribut, kerjakan Lksnya”.” Iyaa.., Pak…!” serentak jawab para murid. Di tunggu lama, ternyata tak ada guru yang masuk ke kelas Bahasa. Akhirnya kelas di isi oleh suara-suara yang tidak ada manfaatnya sampai bel istirahatpun berbunyi…………..

Tingg tonggg…, tinggg tongggg,……!

“Asyiiiiiiik !, Istirahat….” Para murid Sma 62 berhamburan keluar kelas. Kebanyakan mereka menuju kantin yang ada, tapi ada juga yang ke perpustakaan sekolah mencari buku untuk di baca-baca. Andra bingung mau kemana, “mau ke kantin atau kelasnya si Dia ( pacarnya Andra ) yach…???, ah, mikirin ke kantin aja dulu makan, baru pulangnya ke kelasnya Dia”.Kata hati Andra berbicara.

# # #

Matahari telah berani menunjukkan panasnya yang begitu menyengat dan menggersangkan tanah yang ada di halaman sekolah. Jam menunjukkan pukul 14.00,WIB. Yang berarti Proses Belajar mengajar selesai, belpun berbunyi yang menandakan waktunya pulang sekolah. Lebih banyak dari waktu istirahat tadi, Para murid serentak bergerak keluar dari gerbang sekolah menuju rumah masing-masing, Tapi lain halnya dengan Andra dan temannya Jody juga ada si Ludy, mereka bertiga ingin nonton bioskop di 21 Grage.

Di depan sebuah kelas, bukan kelasnya Andra tetapi kelas ceweknya, tepatnya kelas Ipa.

“Hai, Andra lagi nunggu siapa nich? yayang Vie yach…? Sapaan dari gina, anak cewek yang sering ngeledekin Andra jika ingin ketemu dengan pacarnya. “kok tahu, dia ada di kelas gak…?”,Tanya Andra. “Dia siapa…?”. “Devie…!”, “oh, gitu donk…! yang jelas, Vie…. da cowok nyariin kamu nich..!” “siapa” sahutan Vie dari dalam kelas, “Andra…, yayang kamu,ya dah, saya pulang dulu yach.”gina pamit dengan beranjak pergi. “da pa A” panggilan Devie terhadap Andra. “kamu gi pa?” “ lagi piket sebentar,tapi udah selesai kok..!” “ kamu da waktu ga sekarang ?” “ehhh, ada kok,” “mau gak nonton ?”Tanya Andra, ”nonton apa A?” “bioskop” ,“ kapan??” tanya Vie lagi, “ya , sekarang lah..!gimana?” “ehhh, gimana yach…???, ga maulah” candanya vie, “kok gitu sich????”, “ maksudnya, gak mau kalo lama-lama, Ayo…!” ”shiplah…!” tanggapan Andra dengan senangnya.

BERSAMBUNG...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar